Devil's claw, Tanaman Anti Radang

By Administrator | 24-07-2019 | Dibaca : 940

Apakah Anda tahu apa itu tanaman devil's claw? Dalam bahasa Indonesia, tanaman ini berarti cakar setan. Secara ilmiah dikenal sebagai Harpagophytum procumbens, yang merupakan tanaman asli dari Afrika Selatan. 

Terdengar seram bukan? Tetapi siapa sangka, jika devil's claw ini manfaat yang banyak buat kesehatan dan pemulihan penyakit kita. 

Secara tradisional, bagian devil’s claw yang digunakan adalah akar tanaman untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti demam, nyeri, radang sendi, dan gangguan pencernaan. Akar devil’s claw mengandung beberapa senyawa tanaman aktif yang digunakan sebagai suplemen herbal.

Devil’s claw secara khusus mengandung glikosida iridoid, suatu kelas senyawa yang menunjukkan adanya efek anti-inflamasi (anti peradangan) . Beberapa penelitian lain juga menunjukkan devil’s claw memiliki efek antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menangkal efek rusaknya sel dari molekul yang tidak stabil atau efek radikal bebas.

Berdasarkan kandungan tersebut, suplemen devil’s claw dipercaya mampu mengatasi kondisi yang berhubungan dengan peradangan, seperti radang sendi dan asam urat. Selain itu, dapat mengurangi rasa sakit dan membantu menurunkan berat badan.

Anda bisa menemukan suplemen herbal devil's claw dalam bentuk ekstrak, seperti yang terdapat didalam Synergy Joint Formula, yang didalamnya juga terdapat glukosamin, kondroitin dan MSM.

Manfaat Devil’s Claw :

1. Dapat mengurangi peradangan

Devil’s claw paling sering digunakan untuk mengurangi peradangan, di mana peradangan merupakan respons alami dari tubuh terhadap cedera maupun infeksi. Misalnya ketika jari Anda terpotong, lutut terpukul ataupun terkena flu, tubuh Anda akan merespons dengan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. 

Beberapa peradangan diperlukan untuk mempertahankan tubuh dalam melawan bahaya, tetapi peradangan kronis dapat merusak kesehatan. Berdasarkan penelitian yang masih dilakukan, peradangan kronis memiliki kaitan dengan penyakit jantung, diabetes, maupun gangguan otak. Ada pula kondisi yang ditandai melalui peradangan secara langsung seperti penyakit radang usus, radang sendi, dan asam urat.

Devil’s claw dapat mengurangi peradangan karena mengandung senyawa tanaman yang disebut glikosida iridoid, terutama harpagoside. Dalam penelitian tabung dan hewan, harpagoside dapat meredam respons inflamasi . Sebagai contoh, sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa harpagoside secara signifikan menekan aksi sitokin, yang merupakan molekul dalam tubuh Anda yang dikenal dapat menyebabkan peradangan 

2. Dapat memperbaiki kondisi osteoarthritis

Osteoarthritis atau orang sering menyebutnya pengapuran tulang merupakan bentuk arthritis yang terjadi di mana tulang rawan atau penutup pelindung di ujung tulang sendi Anda rusak. Hal ini menyebabkan tulang saling bergesekan sehingga terjadinya pembengkakan dan menimbulkan kekakuan dan rasa sakit. 

Penelitian menunjukkan bahwa Devil’s claw dapat membantu meringankan nyeri sendi yang berhubungan dengan osteoartritis dan mungkin sama efektifnya dengan diacerein, obat pereda nyeri.

3. Dapat meringankan gejala gout

Gout adalah bentuk arthritis lainnya yang secara umum ditandai dengan adanya pembengkakan dan kemerahan pada sendi yang terjadi di pergelangan kaki, jari kaki, maupun lutut. Hal ini disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah yang terbentuk ketika purin atau senyawa yang ada pada makanan tertentu rusak.

Obat-obatan seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) biasanya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh asam urat. 

Berdasarkan beberapa penelitian, Devil’s claw dapat meredakan gejala asam urat karena efek anti-inflamasi dan potensi untuk mengurangi kadar asam urat.

4. Dapat meringankan nyeri punggung

Nyeri punggung pada bagian bawah sering menjadi beban bagi sebagian besar orang. Seiring dengan efek anti-inflamasi, devil’s claw yang memiliki kandungan harpagoside menunjukkan potensi sebagai penghilang rasa sakit terutama untuk sakit punggung bagian bawah.

Nah mulai sekarang untuk membantu mengurangi peradangan sendi, nyeri sendi, sakit asam urat, dan nyeri punggung, sediakan tanaman devil’s claw, seperti yang terdapat pada Synergy Joint Formula. Sendi Sehat, Bebas Bergerak.(HP)