Tuntas Lawan Obesitas

By Administrator | 26-03-2019 | Dibaca : 698

Sungguh menyedihkan, jumlah penderita obesitas meningkat pesat, bak jamur tumbuh berlipat ganda.  Sekarang ini 1 diantara 5 orang di Indonesia mengalami kegemukan alias obese.  Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, proporsi obesitas pada dewasa umur >18 tahun di Indonesia sebesar 21,8 % (diukur dengan melihat IMT/Indek Massa Tubuh > 27).  Sedang bila digabung mereka yang kelebihan berat badan (IMT 25-27)  dan kegemukan (IMT>27), maka angkanya menjadi 35,4 %. Ini artinya 1 diantara 3 orang itu mengalami kelebihan berat  badan dan kegemukan.

Perubahan gaya hidup memang sangat berpengaruh terhadap terjadinya obesitas. Kalau dulu kita kerja banyak pakai otot, sekarang banyak orang yang bekerja dengan otak, duduk dibelakang meja, dan dimanja oleh beragam gadget. Kalau dulu kita banyak makan makanan sedikit mengalami pengolahan, sekarang beragam makanan olahan seakan tak henti-hentinya menawarkan kenikmatan untuk segera disantap.

Tak ada orang yang gemuk itu sehat. Gemuk bukan lagi menjadi lambang kemakmuran. Kegemukan atau Obesitas mengundang beragam penyakit yang memperpendek umur. Berdasarkan penelitan selama 30 tahun terhadap 1.800 pria Swedia yang dimulai saat mereka berusia 50 tahun, para peneliti menyimpulkan bahwa orang obesitas tidak memiliki metabolisme yang sehat. Selama periode penelitian ini mereka yang obesitas umumnya meninggal karena penyakit kardiovaskular, seperti stroke atau serangan jantung. 

Jadi sebelum kehidupan kita dirampas oleh obesitas, mari kita lawan hingga tuntas, agar kesehatan dan umur panjang dapat kita nikmati.

Kebiasaan menyantap makanan berlemak dan berkalori tinggi yang tidak diimbangi olahraga merupakan gerbang menuju obesitas pengundang penyakit. Jadi yang mulai sekarang pilah-pilah makanan yang akan kita masukkan ke mulut kita dan jangan lupa lakukan aktivitas atau olahraga agar timbunan lemak bisa dikeluarkan dengan baik.

Ganti makanan olahan yang tinggi lemak dan kalori menjadi makanan yang sedikit mengalami pengolahan,  dengan memperbanyak makan sayur dan buah yang tinggi serat dan antioksidan.  Anda bisa juga mencoba campuran Maximum Protein dan NutriBurst untuk tujuan tersebut.

Dengan diiringi niat berani sehat, mudah-mudahan kita dapat melawan obesitas secara tuntas. (HP)