Pinggang Makin Lebar Makin Tidak Sehat

By Administrator | 26-03-2019 | Dibaca : 578

Kalau kita punya tanah atau rumah yang luas dan lebar kita pasti amatlah senang dan bahagia. Lain halnya kalau kita pinggang kita ukurannya melebar, itu justru tidak membuat kita senang dan bahagia, pasalnya semakin panjang ukuran pinggang kita, pertanda kita makin tidak sehat.

Makanya yuk, rajin-rajinlah mengukur lingkar pinggang kita, karena banyak manfaat kesehatan yang akan dipetik. Lingkar pinggang yang membesar, terutama pada pria, merupakan tanda adanya gangguan metabolik yang mengarah pada diabetes dan penyakit jantung.

Ukuran pria yang lingkar pinggangnya lebih dari 90 cm dan lebih dari 80 cm pada wanita, harus waspada karena mereka masuk dalam zona beresiko penyakit. Timbunan lemak di bagian perut (lemak visceral) akan meningkatkan risiko berbagai peyakit seperti diabetes, penyakit jantung, serta kanker. Lemak visceral ini melapisi organ-organ bagian dalam.

Untuk mengukur lingkar pinggang dengan tepat, caranya sangat mudah, tinggal lepaskan pakaian lalu lingkarkan meteran di seputar perut seluruh batang tubuh. Lingkar meteran 1 jari diatas puser. Jangan melingkarkan pita meteran terlalu ketat atau terlalu longgar.

Bila hasil  lingkar pinggang kita melebihi ukuran normal, kita  haruslah mulai mawas diri, lakukan langkah untuk menugurangi.  Yuk jaga pola makan kita, kembali ke pola makan yang sehat, kurangi makanan berlemak, makanan olahan tinggi gula, tepung, kue, dan manis-manis, berolahraga secara rutin , kendalikan stress dan dan cukup istirahat, agar ukuran lingkar pinggang dan berat badan tetap normal dan terkontrol. (HP)