PUASA: Bukan Berarti “Mengirit” Aktivitas

By Administrator | 06-05-2019 | Dibaca : 1539

Puasa bukan berarti hanya menahan lapar dan haus saja, tapi lebih dari itu  puasa yang dilakukan dari terbit fajar hingga matahari terbenam memberikan pelajaran untuk mengendalikan hawa nafsu, emosi dan menjaga ketenangan hati serta keikhlasan dalam menjalankan ibadah.

Puasa memberi manfaat bagi kesehatan organ tubuh seperti organ pencernaan, lambung, pembuluh darah, syaraf, otak dan organ penting lainnya. Puasa memberi kesempatan organ-organ tubuh untuk beristirahat, membangun sel-sel baru, pembersihan sisa-sisa metabolisma dan penyembuhan.

Tubuh Anda merupakan sebuah mesin yang bertugas untuk merubah makanan menjadi tenaga dan zat pembangun, kemudian tubuh juga harus membuang sisa-sisa pembakaran. Bila makanan masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, tubuh tidak dapat membakarnya dengan cepat, sehingga mencekik dan meracuni tubuh.

Ginjal kewalahan, otot-otot tubuh yang dibungkus oleh lemak akan sulit bergerak termasuk otot jantung sehingga mengganggu pemompaan darah. Hormon insulin yang sangat diperlukan untuk proses pembakaran jumlahnya tidak mencukupi lagi sehingga terjadilah kencing manis.

Semua gangguan itu dapat diatasi bila Anda dapat mengatur masuknya makanan hanya yang benar-benar dibutuhkan tubuh. Berpuasa dengan pengaturan makan yang benar memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Prof. Frederick Hoelzel & Prof. Carlson melakukan penelitian terhadap sekelompok tikus yang diberikan makanan yang diingininya sedangkan kelompok lain diharuskan puasa setiap 3 hari. Hasilnya sekelompok yang puasa 3 hari sekali dapat mencegah penyakit yang membawa maut, misalnya kanker dan ternyata kelompok ini dapat mencapai umur 20 % lebih lama dari kelompok yang diberi makanan sepuas-puasnya.

Bagi pengusaha muda seperti Loly (35 tahun), bulan puasa Ramadhan sangat dia harapkan kedatangannya. Walau sibuk mengurus rekanan-rekanan &  showroomnya, dia tetap aktif dan ceria. “Puasa bukan berarti kita mengirit aktivitas" Ungkapnya.

Sepulang dari showroomnya yang berada di Mangga Dua, ibu dari Dino (5 tahun) langsung pergi ke dapur bersama-sama dengan pembantu menyiapkan makanan untuk berbuka suaminya, yang biasanya pulang setengah jam kemudian tepat jam 18.00.

Ibadah wajib dan sunnah Ramadhan tetap dia jalani meski kadang anaknya rewel, jadi hampir dipastikan dia baru tidur malam setelah jam 22.30 dan bangun pagi jam 04.00. “ Kurang tidur itu pasti,  tampil sehat, aktif, ceria itu baru pilihan “ Ungkapnya lagi. 

Bayangkan kalau Anda adalah sosok seperti Loly, apakah di bulan puasa, Anda akan loyo dan mengurangi segala aktivitas positif.

Memang pada awal puasa terutama di siang hari kadang muncul perasaan letih, lesu, mengantuk, dan lambung perih, nafas bau sebagai akibat dari perut tidak diisi dengan makanan dan glukosa tubuh menurun.

Tapi hal ini tidak berlangsung lama karena setelah beberapa hari berpuasa tubuh akan menyesuaikan diri dan keluhan berangsur-angsur hilang. 

Berikut kiat agar Anda tetap tampil fit disaat puasa: 

1. Berbukalah dengan sumber karbohidrat dan gula yang mudah dicerna, diselingi sari buah yang penuh vitamin dan mineral

2. Sahur dengan sumber protein dan serat yang tinggi sehingga tidak cepat lapar

3. Susun dan Tengok kembali menu keluarga Anda apakah cukup seimbang atau tidak. Kalau tidak Anda tidak cukup energi untuk menjalankan aktivitas di siang hari sehingga timbul letih dan lesu.

4.  Cukup istirahat, jika tempat kerja jauh, Anda bisa mencuri waktu tidur di kendaraan. Susun agenda kerja yang efektif dan efesien, sehingga Anda tidak membuang-buang waktu secara percuma

5. Berolah ragalah. Sebaiknya dilakukan sebelum berbuka puasa sehingga tidak mengganggu system pencernaan dan akan menambah nafsu makan serta kenikmatan saat berbuka. Ambilah waktu  seminggu sekali untuk melakukan olah raga ringan bersama keluarga seperti berenang, bersepeda atau yang lainnya.

6. Bila masih kurang fit dan membutuhkan energi ekstra, mungkin Anda butuh makanan suplemen yang membantu kebugaran dan kesehatan anda.

 

Suplemen  yang mendukung kesehatan Anda di bulan puasa:

1. Chlorophyll Plus
Minuman kesehatan yang sangat menyegarkan yang diolah dari sel hijau daun tumbuhan Alfalfa dengan aroma alami peppermint. Klorofil akan membantu meningkatkan jumlah sel darah merah sehingga mengurangi resiko kelulahn lemah letih dan lesu.

Klorofil dan Spearmint akan meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan mengurangi bau tidak sedap (seperti bau mulut) yang seringkali muncul pada saat puasa akibat kosongnya lambung disiang hari.

Klorofil akan mengoptimalkan proses pembersihan racun yang terjadi pada saat puasa. Minumlah klorofil 1 sendok teh (5ml) setelah berbuka puasa dan sahur, atau sesuai kebutuhan.

2. Spirulina
Suplemen lengkap gizi dengan kandungan protein kualitas tinggi (65-71 %) dan sangat mudah dicerna (85-95 %), akan membantu menjamin tersedianya zat-zat gizi penting yang diperlukan oleh tubuh saat puasa.

Glikogennya cepat memberikan tenaga ekstra saat dibutuhkan. Minumlah 2 kapsul pada saat buka puasa, setelah shalat tarawih dan saat sahur atau sesuai kebutuhan.

3. Nutriburst
Minuman kesehatan yang sangat lezat yang memberikan anda asupan serat, semua vitamin dan mineral.

Serat larut air yang dikandungnya akan menambah rasa kenyang dan serat tidak larut  airnya akan mengoptimalkan proses pembuangan kotoran (feses).

Manfaatnya disamping dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan kanker, puasa anda menjadi nyaman karena rasa lapar berkurang.

Minumlah 1-2 sendok takar setelah sahur atau sesuai kebutuhan.

4. Maximum Protein
Minuman kesehatan tinggi protein yang terbuat dari whey protein, garcinia dan CLA, yang dapat berfungsi sebagai pengganti makan, suplementasi protein dan untuk program kebugaran atau manajemen berat badan.

Konsumsi protein yang tinggi akan sangat mengeyangkan, dan ini bermanfaat bagi mereka yang sedang menjalani puasa.  

Minumlah 1-2 sendok takar saat buka puasa atau sahur.  

Lebih baik lagi, minumnya digabung dengan Nutriburst, yang membuat  rasa  lebih enak menyegarkan, dan lebih mengenyangkan, sebagai pengganti makan.

5. Colostrum
Suplemen unik yang terbuat dari kolostrum sapi yang memiliki kemiripan dengan dengan ASI, dengan komponen faktor imunnya 4 kali lebih tinggi.

Kolostrum (cairan bewarna kuning yang dihasilkan pertama kali oleh kelenjar susu 24-48 jam setelah melahirkan selama periode menyusui) akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Konsumsilah 4 kapsul setelah shala tarawih atau menjelang tidur malam atau sesuai kebutuhan.

 6. ProArgi-9+
Suplemen yang mengandung asam amino arginin ini wajib anda konsumsi saat anda menjalankan ibadah puasa, karena selain baik untuk sistem peredaran darah juga akan meningkatkan kebugaran saat berpuasa, menambah aliran nutrisi dan oksigen ke sel tubuh anda sehingga meskipun makanan dibatasi energi anda akan tetap terjaga.

Minumlah  setengah sachet saat berbuka dan setengah sachet saat sahur, atau anda bisa langsung 1 sachet saat sahur atau sesuai kebutuhan.

 

Produk terkait :

Video terkait :