Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

By Administrator | 31-01-2019 | Dibaca : 2532

Banyak orang yang tidak peduli atau tidak memperhatikan kesehatan ginjal, padahal organ yang berukuran sekepalan tangan ini mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh kita.

Ginjal mempunyai tugas untuk membersihkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Beragam jenis racun, urea dan garam yang berlebih disaring oleh ginjal, dan dikeluarkan melalui urin. Ginjal juga berperan didalam pengaturan tekanan darah, gula darah, sel darah merah dan asam basa dalam tubuh, dll.

Apa jadinya kalau limbah dari tubuh Anda tidak tersaring sempurna oleh ginjal? Dapat dipastikan, cepat atau lambat Anda akan mengalami berbagai keluhan kesehatan.

Mengingat pentingnya ginjal ini, yuk mulai dari sekarang kita jaga kesehatannya, yang bisa dilakukan dengan cara :

1. Pantau tekanan darah 
Hal ini penting karena bila tekanan darah Anda mulai tidak normal, itu bisa jadi indikasi bahwa ginjal Anda tidak bekerja dengan baik. Ingat, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

2. Jaga kadar gula darah

Tingginya tingkat gula dalam darah dapat merusak jutaan unit penyaringan kecil dalam setiap ginjal. Hal ini akhirnya mengarah pada gagal ginjal. Sekitar 20 sampai 30 persen orang dengan diabetes mengalami penyakit ginjal (nefropati diabetik), meskipun tidak semua akan berkembang menjadi gagal ginjal.

3. Cukupi kebutuhan air minum

Minumlah air putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari. Anda juga bisa mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air.

4. Mulai mengontrol diet

Sebisa mungkin, konsumsi makanan yang dimasak tanpa pengawet dan makanan kemasan. Kurangi asupan garam atau sodium dalam makanan harian Anda, atau yang bertebaran di makanan cepat saji. Minuman soda dan beberapa minuman energi berkalori tinggi juga tidak baik untuk ginjal Anda. Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein tanpa lemak atau susu rendah lemak, itu baik untuk ginjal Anda.

5. Gerakkan Badan

Aktiflah bergerak atau berolahraga untuk tetap menyehatkan tubuh termasuk ginjal Anda.

6. Tidak mengonsumsi obat sembarangan

Obat kimia adalah zat asing yang dapat membuat beban kerja ginjal menjadi berat. Untuk itu disarankan agar tidak mengonsumsi obat sembarangan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan praktisi kesehatan Anda sebelum mengonsumsinya, agar jangan sampai mengorbankan kesehatan ginjal Anda.

7. Hentikan rokok

Merokok dapat memperlambat aliran darah ke ginjal yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

8. Periksa kesehatan

Pemeriksaan kesehatan secara rutin setelah usia 30 tahun baiknya dilakukan. Konsultasikan dengan praktisi kesehatan Anda dan pastikan bahwa ginjal berfungsi dengan baik. Perhatikan pula bila Anda memiliki riwayat keluarga penyakit ginjal. 

Itulah beberapa cara agar ginjal Anda tetap sehat.

Ayo luangkan waktu untuk menjaga kesehatan ginjal Anda, dan ginjal Anda akan berterima kasih pada Anda sepanjang hidup Anda. Produk Synergy seperti Chlorophyll Plus, sangat baik untuk kesehatan ginjal Anda, karena produk ini dapat membantu membersihkan tubuh dari sampah berbahaya yang masuk ke dalam tubuh dan melancarkan buang air kecil (urine), disamping itu juga ada ProArgi-9+ yang membantu meningkatkan proses penyaringan di ginjal. (HP)

Semoga bermanfaat.

 

Artikel terkait :

Produk terkait :