KENALI KULIT ANDA SENDIRI

By Administrator | 19-08-2019 | Dibaca : 1617

Pernahkah anda bertanya pada diri tentang kulit anda sendiri, seperti di bawah ini :

Apakah kulitku sehat?

Apa ciri ciri kulit sehat?

Jenis kulit ada berapa dan kulitku termasuk yang mana ya?

Masalah kulit apa saja yang sering aku alami?

Bagaimana menyelesaikan masalah masalah tersebut?

Kalau belum pernah bertanya, sebelum melanjutkan membaca ayuh tanya dulu ke diri sendiri trus jawab sendiri, supaya kita bisa evaluasi apa yang terjadi dana pa yang harus dilakukan.

Apakah kulitku sehat?

Cek beberapa hal di bawah ini :

  • Tidak ada jerawat, komedo atau flek
  • Warna kulit sama dan merata (pigmen sama)
  • Jika dicubit cepat kembali (elastisitas bagus)
  • Tidak ada sensasi nyeri, gatal, panas atau baal
  • Kulit halus (tidak ada scar atau kulit yg terkelupas)

Ada jenis kulit yang sering dibahas sebagai kulit kering, berminyak dan normal serta campuran. Biasanya kulit terutama kulit wajah jenis kulitnya campuran, karena area tertentu berminyak, area lain bisa normal atau kering.

Gangguan pada kulit yang pada umumnya adalah, jerawat (acne), eksim, melasma (flek pada wajah), urtikaria (biduran). Sedangkan yang lebih serius karena menjadi tanda sebuah penyakit : psoriasis, skin tag, dermatitis seboroik, veruka vulgaris dll.

Cara mengatasi semua gangguan kulit hampir sama, yang pertama mencari penyebabnya, sehingga kita bisa tuntas mengatasi masalah utama. Kasus gangguan kulit erat sekali hubungannya dengan sistem metabolism tubuh. Ketidakseimbangan hormone dapat bermanifestasi munculnya jerawat, alergi terhadap makanan, cuaca, stress bermanifestasi urtikaria, eksim, dermatitis dll, sehingga penangannya tidak cukup terapi lokal.

Wajah adalah bagian kulit yang terlokalisir dan memiliki sifat yang berbeda dengan bagian kulit yang lain, oleh karena itu memerlukan perawatan khusus karena struktur kulitnya berbeda. Lebih lembut, lebih sensitive, dan dapat memberi signal penyakit yang ada dalam tubuh. Perawatan kulit memerlukan beberapa tahap, dan sangat diperlukan pemehaman terhadap diri sendiri.

Kulit yang sehat menjadi dambaan banyak wanita. Selain sebagai organ yang melindungi kita dari lingkungan luar, kulit juga memiliki fungsi sebagai pengatur suhu, sekresi berbagai komponen zat pembentuk vitamin D, sensor syaraf untuk memberi sinyal dan memiliki fungsi estetika (keindahan). (PU)

 

Artikel terkait :

Produk terkait :