Ini Gejalanya, Bila Anda Kekurangan Magnesium

By Administrator | 10-04-2019 | Dibaca : 629

Magnesium merupakan mineral penting yang diperlukan untuk fungsi normal berbagai organ dan sistem tubuh termasuk rangka, jantung, dan saraf. Magnesium berperan dalam pembentukan sel-sel baru, dan menjaga hati dan ginjal agar dapat berfungsi baik. Magnesium berfungsi membantu produksi energi, pencernaan, dan fungsi otot. Magnesium mengaktifkan vitamin B, kelenjar adrenal, sistem otak dan syaraf. Magnesium dikenal sebagai mineral jantung dan mineral anti stress.

Mengingat beragama peran magnesium didalam tubuh, maka bila kekurangan, dapat memberikan efek bagi kesehatan tubuh. 

Berikut adalah beberapa gejala yang berkaitan bila kita  kekurangan magnesium:

1. Kelelahan & Badan Terasa Lemah
Magnesium memiliki peran penting dalam proses pembentukan energi dalam setiap sel dan tingkat energi secara keseluruhan. Pembentukan energi akan terhambat jika jumlah magnesium        tidak memadai sehingga menyebabkan kelelahan dan kelemahan.

2. Gelisah & Insomnia
Kekurangan mineral ini dapat menyebabkan insomnia, kejang otot, kram, ketegangan dan rasa tidak nyaman pada tubuh. Sistem saraf dapat berfungsi baik jika level magnesium mencukupi. Kekurangan mineral ini akan menyebabkan sel-sel saraf tidak dapat memberikan atau menerima impuls secara optimal. Kekurangan magnesium juga akan menyababkan seseorang menjadi gugup dan lekas gelisah.

3. PMS & Osteoporosis
Gejala PMS dapat diredakan dengan magnesium. Keluhan PMS umumnya terjadi karena kekurangan magnesium dan kelebihan kalsium. Magnesium juga sangat penting untuk mengatur kepadatan tulang sehingga menurunkan risiko osteoporosis.

4. Gangguan Jantung
Kekurangan magnesium dapat menyebabkan serangan jantung. Gejala awal terjadinya gangguan pada jantung meliputi perubahan irama detak jantung, nyeri angina, dan pingsan akibat kelelahan setelah melakukan aktivitas fisik berat atau olahraga. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan otot jantung menjadi kejang atau kram dan tidak dapat melakukan kontraksi secara optimal.

5. Sakit kepala, Diabates, & Tekanan Darah Tinggi
Asma, sakit kepala, migrain, kejang, depresi, fibromyalgia, kegelisahan, ADD, artritis dan batu ginjal menjadi lebih buruk ketika jumlah magnesium dalam tubuh tidak memadai.

Agar kita tidak mengalami kekurangan magnesium, kita bisa mengonsumsi makanan yang kaya mineral ini, seperti yang terdapat pada sayuran dan kacang-kacangan  ( bayam, kentang, almond, kacang mete, pisang dan kismis, dll).

Anda bisa juga mengonsumsi suplemen yang mengandung magnesium, seperti Calcium Mag. Dan bila kekurangannya sudah parah, antara lain ditandai dengan tremor, kedutan, dan kelemahan otot, bisa bisa ditangani melalui terapi intravena (IV) yang memungkinkan magnesium dapat langsung ditambahkan ke dalam tubuh. (HP)

 

Artikel terkait :

Produk terkait :


 

Video terkait :