Derita Leher Kaku

By Administrator | 26-06-2019 | Dibaca : 1071

Rasa sakit yang tak terduga muncul pagi pagi, mimpi apa semalam sehingga menengok saja tidak bisa. Maka hari itu pasti menjadi hari yang sangat menggelisahkan, mau bergerak saja berat sekali, nah ini biasanya mengundang kesadaran sesadar sadarnya bahwa sehat itu lebih enak. Rasa nyeri yang tajam, tarikan yang sangat menyakitkan membuat kesengsaraan leher yang ekhirnya menjadi kaku karena tidak bisa menjalankan fungsinya dengan benar. Untuk tunduk tidak bisa, memalingkan kepala ke kanan dan  ke kiri , badan harus ikut berputar, menengadah apalagi. Jadi bisa dibayangkan penderitaan kondisi seperti ini begitu luar biasa.

Leher kaku disebut juga Stiff Neck, suatu kondisi ketegangan otot, biasanya jenis otot levator scapula yang menghubungkan beberapa tulang leher dengan tulang scapula. Ketika otot ini meradang dan iritasi dan terjadi tarikan yang cukup menegangkan dan menyakitkan maka kita pikirkan kemungkian penyebabnya.

Beberapa penyebab leher kaku antara lain :

  • Duduk dengan postur tubuh yang salah, hal ini sering terjadi karena kebiasaan memegang ponsel dalam waktu yang tidak terkontrol. Posisi meja, kursi dan layar computer tidak ergonomis yang sudah berlangsung tahunan
  • Menggunakan bantal tidur yang salah semalaman tanpa disadari, atau salah posisi tidur.
  • Cidera olah raga karena gerakan yang salah atau kurang pemanasan
  • Menggerakkan leher berulang karena kebiasaan, biasanya karena pegal dan menghentak leher dengan memalingkan kepala ke kanan dan ke kiri

Kondisi di atas akan menyebabkan peradangan, iritasi otot dan nyeri di area terbatas untuk kemudian menjalar hingga sakit kepala sampai leher tidak bisa bergerak.

Keinginan yang pertama dan utama saat itu adalah bebas dari rasa sakit, biasanya kita mencari terapis paling top, supaya segera bebas dari beban sakit tak terkira. Massage, boreh minyak urut, minum pain killer, bertanya ke teman teman yang pernah menderita seperti ini sembuhnya bagaimana. Biasanya terapis yang ahli akan melakukan berbagai cara tergantung keahliannya, dari menekan titik titik tertentu yang merupakan salah satu upaya melenturkan otot, dengan akupunktur, atau moksa juga bisa membantu mengatasi problem leher kaku.

Supaya kita tidak terjebak dalam situasi yang sangat tidak nyaman maka yang bisa kita lakukan sekarang adalah mencegah leher kaku.

Berikut 6 tips mencegah leher kaku :

  1. Batasi penggunaan gadget, ini adalah tantangan di semua usia. Jika sejak kecil anak anak sudah memegang gadget, tidak ada aturan waktu, dalam berbagai posisi yang tidak benar sehingga tidak terasa leher tertunduk berjam jam, maka bisa diperkirakan beberapa tahun ke depan akan terjadi kelainan di otot leher dan tulang belakang. Mengatur waktu menggunakan gadget dengan duduk tegak, layar gadget sejajar dengan wajah adalah upaya termudah untuk mencegah cidera otot leher.
  2. Mengatur postur tubuh dengan benar. Duduk tegak dengan layar computer sejajar wajah adalah postur yang mendukung otot leher dan seluruh tulang belakang. Bergerak dan berjalan adalah bagian dari posisi yang sama selama berjam jam.
  3. Membatasi barang bawaan terlalu berat. Tas yang berisi barang barang berat dan setiap hari dibawa akan membuat bahu menerima tekanan ulangan yang dapat menciderai otot di sekitarnya. Karena sering terkait satu sama lain, maka tas punggung yang berat juga akan menyebabkan peradangan tot leher.
  4. Memilih bantal yang benar dan tidur pada posisi yang tepat. Meletakkan bantak di bawah kepala dengan posisi tidur terlentang adalah keadaan yang akan memicu leher kaku. Jadi pilih bantal yang tidak terlalu tinggi dan jika tidur terlentang posisi bantal ada di bawah leher juga, atau tidur miring, ada yang suka tidur tengkurap, lebih baik tanpa bantal. Ketika akan tidur upayakan sadar posisi seperti apa, dan rasakan bahwa seluruh bagian tubuh, dari telapak kaki, tungkai, paha, pinggul, punggung, bahu, leher dan kepala rileks. Yang ini harus dilatih, merasakan setiap bagian tubuh siap istirahat, seringkali tanpa sadar kita tidur dalam ketegangan otot yang menyeluruh.
  5. Kurangi stres berkepanjangan. Kondisi stress seringkali membuat punggung, bahu dan leher menjadi berat dan kaku. Sebagian besar kita tidak merasakan akibat stres, kondisi fisik juga sangat terpengaruh. Melakukan massage sebulan sekali merupakan upaya mengurangi ketegangan. Bisa juga dengan cara yang lain sesuai dengan kecocokan masing masing, ada yang creambath dengan pijit kepala akan merasakan relaksasi yang sangat membantu. Akupunktur, spa, aromaterapi, akupresure, pijat refleksi adalah cara cara yang bida kita gukana untuk mencegah leher kaku, secara umum kita menjaga kebugaran tubuh secara menyeluruh.
  6. Melakukan peregangan setiap hari. Memutar bahu ke depan dan ke belakang masing masing 10 kali, leher di gelengkan ke kanan hitung 20 kali, kiri 20 kali demikian seterusnya dengan menengok ke kanan kiri, melihat ke atas dan ke bawah. Serta memutarkan kepala setengah putaran ke depan dan ke belakang, dimulai dengan menggelengkan kepala ke kiri lalu menunduk dan meletakkan kepala di atas bahu kanan, kembali lagi menunduk mengarah ke bahu kiri. Yang ke arah belaan juga demikian.  Ingat tulang leher bukan tulang putar seperti sendi lengan dan panggul, tulang leher bisa berputar setengah lingkaran.

Selamat sehat dengan otot leher, bahu dan punggung atas yang lentur dengan melakukan point ke 6 setiap hari. (PU)

 

Artikel terkait :

Produk terkait :