Ingin Menikmati Ganggang Renik Yang Menjadi Bekal Para Astronot?

By Administrator | 13-02-2019 | Dibaca : 504

Tak heran kalau ganggang biru hijau ini menjadi makanan bekal para astronot. Pasalnya ganggang ini padat gizi, tengok saja, kandungan proteinnya 65-71%, jauh lebih banyak dibandingkan makanan alami lainnya seperti daging yang hanya mengandung protein 22%. Proteinnya termasuk dalam protein lengkap, karena mengandung semua asam amino esensial dan juga beberapa asam amino non esensial. 

Tidak seperti protein hewani yang tinggi lemak, kalori, dan kolesterol,Spirulina hanya mengandung 5 % lemak, yang sebagian besar dalam bentuk asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan, dan per gramnya kurang dari 4 Kalori serta tidak mengandung kolesterol. Karbohidrat yang dikandungnya dalam bentuk Rhamnose & Glikogen yang mudah diserap tubuh dan membutuhkan sedikit insulin. 

Ganggang ini juga mengandung asam lemak penting yaitu Gamma Linolenic Acid (GLA) yaitu asam lemak omega 6 yang  oleh tubuh digunakan untuk pembentukan prostaglandin E1 (PGE1). PGE1 bermanfaat didalam pencegahan serangan jantung dan stroke, membantu mengatur tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan fungsi saraf, sistem imun dan mengatur pembelahan sel. 

GLA memiliki sifat anti radang dan nyeri yang bermanfaat untuk gangguan arthritis, nutrisi yang penting untuk pencegahan kelainan kulit seperti alergi, eksim dan psoriasis, dan juga mengurangi keluhan PMS ( Premenstrual Syndrome) dan Sindroma klimaterik (gejala awal pre-menopause). 

GLA juga  dapat membantu memperlambat pertumbuhan tumor dan membantu meningkatkan efektivitas obat anti-kanker tertentu. Mememenuhi kebutuhan GLA tubuh sangat penting, dan di alam sumber GLA sangat sedikit dan faktanya hanya spirulina dan susu ibu sumber makanan alami GLA, yang lainnya berasal dari ekstraksi minyak tanaman.

Kandungan lainnya dari ganggang ini adalah mineral , vitamin, enzim dan pigmen alami.  Mineral dalam jumlah yang tinggi diantaranya kalium, kalsium, magnesium, seng, mangan, selenium, zat besi dan posfor, dan vitaminnya diantaranya  riboflavin (B2),niasin (B3),Asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), Biotin (B7), Inositol (B8), kobalamin (B12), asam folat (B9) dan tokoferol (E). 

Sedangkan pigmen terdapat didalam ganggang ini diantaranya :

  1. Klorofil (pigmen hijau) yang bermanfaat sebagai pembersih darah, mempercepat proses penyembuhan luka dan regenerasi sel,
  2. Fikosianin (pigmen hijau) untuk  kesehatan liver dan ginjal,
  3. Karoten (pigmen jingga) sebagai antioksidan untuk kesehatan kulit, mata, memperkuat sistem imun tubuh dan antikanker, dan
  4. Zeaxanthin (pigmen kuning) yang merupakan antioksidan yang baik untuk  kesehatan mata dan otak. 

Selain itu ganggang ini mengandung komponen glikolipid dan sulfolipid yang bersifat sebagai antivirus, dan Superoxide Dismutase (SOD) yang berfungsi sebagai antioksidan.Dengan lengkapya nutrisi yang terkandung didalam ganggang ini  menjadikannya alternatif solusi terbaik untuk mendapatkan kesehatan yang optimal bagi semua, apalagi bagi astronot yang mempunyai tugas berat dan membutuhkan stamina yang kuat.

Orang jaman dahulu mengonsumsi ganggang ini layaknya kue kering, diambil dari danau, dan dijemur, baru dikonsumsi. Dengan cara-cara tradisional seperti inipun mereka mendapatkan manfaat terpendam yang ada di ganggang ini. Dan berkat kemajuan teknologi, ganggang dengan nama umum Spirulina ini, dikembangbiakan di kolam pembiakan khusus, agar semua zat gizinya dapat dipertahankan hingga ke tangan konsumen.

Synergy lewat induk perusahaan Nature Sunshine Products menghadirkan Spirulina dengan kualitas tinggi. Spirulina yang digunakan berasal dari Spirulina plantesis yang dikembangbiakkan didaerah yang bebas polusi Hawai. Teknik pengembangbiakannya menggunakan air tawar yang diolah dari air laut yang diambil dari air laut di kedalaman  600 meter yang kaya kandungan mineral, sehingga tidak tercemar bahan kimia dan bakteri beracun yang sering terdapat pada air danau/sungai.  Diproduksi dengan quality control sangat ketat menggunakan teknologi mutakhir dengan teknik pengeringan yang dapat mencegah oksidasi dari kandungan Spirulina sehingga didapatkan hasil spirulina dengan kualitas tertinggi.

Setiap kapsul Synergy Spirulina mengandung 100% Spirulina murni yang tidak mengandung bahan pengawet, pewarna dan pengisi sintetis dengan berat 350 mg. Kemurnian Synergy Spirulina membuat Anda mendapatkan manfaat Spirulina seperti yang seharusnya Anda dapatkan. Dengan dikemas dalam kapsul nabati (vegy-cap) membuat produk ini cocok sekali digunakan bagi Anda penganut vegetarian murni. (HP)

Video terkait :