4 FAKTOR PENYEBAB JERAWAT

By Administrator | 19-08-2019 | Dibaca : 1851

Siapa diantara kita bisa menceritakan ciri-ciri jika wajah, punggung atau leher tumbuh jerawat? Panas, gatal, nyeri, mengganggu penampilan, kulit jadi kotor, kasar, merah, dll. Apalagi kalau jerawatnya beranak pinak, di obati malah nyebar, waaaah pasti berpikir keras bagaimana mengatasinya.

Sebelum membahas lebih lanjut, pernahkan anda berfikir apa penyebab jerawat itu?

Ada beberapa hal yang umum menjadi penyebab peradangan kulit wajah yang disebut jerawat. Nah sebenarnya proses terjadinya jerawat membutuhkan waktu lama, tidak terjadi begitu saja.

Kulit adalah bagian tubuh yang pertama kali terpapar hal hal yang menjadi penyebab peradangan kulit, seperti :

  1. bakteri , virus, jamur yang beterbangan di sekitar kita, apalagi zat zat kimia di udara yang menjadi bagian dari polusi. Tubuh akan membuat sebuah mekanisme daya tahan yang diproses sedemikian rupa sehingga peradangan yang terjadi merupakan mekanisme yang baik sebagai sinyal bahwa telah terjadi sesuatu di kulit.

Proses ini disebut inflamasi atau peradangan yang ditandai kulit memerah, lebih hangat dari sekitarnya, lebih menonjol, nyeri sampai mengganggu fungsi kulit itu sendiri sebagai organ pelindung tubuh. Kondisi seperti ini disebut inflamasi/peradangan akut. di mana otak memberi perintah kepada kelenjar adrenal utk mengeluarkan kortisol sebagai hormone stress yang sangat menolong kita. Stress sangat diperlukan dalam hidup, kalau tidak kita akan cepat mati. Setelah tubuh merespon stress yang berupa bakteri jamur atau virus, maka setelah seluruh tentara juga datang mengatasi musuh, hormone kortisol akan menurun. Masalahnya kalau ternyata kekuatan bakteri, virus atau jamur lebih dari tentara tubuh kita, maka peradangan berlanjut, dan terjadilah jerawat.

Manifestasi inflamasi / peradangan kronis bisa terjadi di seluruh organ tubuh kita. Maka penanganan nya memberi asupan ke tubuh yang sifatnya anti inflamasi untuk membantu pekerjaan tentara tubuh menangani musuh yang masuk, baik melalui makanan (ingestion)  atau yang dioleskan dari luar (topical).

Selain hal di atas,

  1. Stress emosi juga dapat memicu timbulnya jerawat, ketidakseimbangan hormone (menjelang menstruasi, atau masa pertumbuhan)
  2. Stress kimia, menggunakan kosmetik karena mengandung bahan bahan kimia yang meracuni tubuh akan merusak kulit ketika pemakaian dalam jangka waktu lama. Mungkin hasil sesaat kulit bersih, kenyal, kinclong dengan bahan kosmetik yang mengandung mercury, kita tahu bahwa semua zat yang menempel di kulit akan terserap masuk pori pori dan beredar ke seluruh tubuh.
  3. Stress fisik, kurang tidur, over training, daya tahan drop karena kelelahanMemilih kosmetik yang aman dengan bahan dasar alami sangat penting supaya kita benar-benar memelihara tubuh terutama kulit dengan bertanggung jawab. Menjaga kulit supaya tidak terjadi peradangan kronis dapat dibantu dari minum dan makan. Chlorophyll adalah minuman sehat yang sangat sederhana dan efektif mencegah peradangan menjadi kronis, karena kandungan zat hijau daun dan flavonoidnya. Dapat diminum atau digunakan topical /pemakaian luar untuk dikompreskan di wajah. Masker spirulina juga dapat digunakan sebagai upaya pencegahan peradangan kronis kulit. Menjadikan kulit bersih dan bersinar membuat tubuh memancarkan keindahan.

 

Artikel terkait :

Produk terkait :