Berkat Antioksidan Untuk Kulit Makin Menawan

By Administrator | 13-02-2019 | Dibaca : 10

Antioksidan adalah zat sangat kuat yang dapat membantu melawan zat penyebab radang di tubuh yang juga dikenal sebagai radikal bebas. Terdiri dari vitamin dan mineral serta enzim yang dapat membantu mencegah serta memperbaiki kerusakan pada jaringan tubuh, anti oksidan melakukannya dengan memperlambat efek yang dihasilkan oleh radikal bebas. Radikal bebas timbul ketika tubuh terekspos pada substansi yang berbahaya seperti asap rokok, polusi atau radiasi, lalu memicu reaksi oksidasi.

Oksidasi adalah proses yang menyebabkan kerusakan dari oksigen yang dapat menyebabkan disfungsi sel. Jika Anda melihat apel yang telah dikupas berubah warna menjadi coklat, maka Anda sedang melihat suatu proses dan reaksi oksidasi. Radikal bebas juga bisa berperan dalam penyakit jantung, kanker dan lainnya. Karena anti oksidan memblokir efek dari radikal bebas, mereka akhirnya juga akan teroksidasi. Inilah sebabnya mengapa kita perlu untuk selalu memperbarui suplai anti oksidan ke tubuh.

Manfaat Antioksidan Bagi Kulit

Ketika berhubungan dengan perawatan kulit, antioksidan dapat membantu merawat kulit dari pengaruh sinar matahari dan polusi. Tidak seperti sunscreen dan pelembab, antioksidan bekerja melindungi kulit dari dalam keluar dengan menjaga sel – sel tubuh dari kerusakan.

1. Menetralkan Radikal Bebas

Radikal bebas adalah partikel seperti asap, polusi dan sinar UV yang mengoksidasi kulit sehingga menyebabkan kerusakan kulit dan menjadi penyebab wajah tampak tua di usia muda. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas sebelum memulai proses oksidasi, dan dapat ditemui dalam khasiat vitamin E.

2. Meningkatkan Produksi Kolagen

Ketika radikal bebas membuat kerusakan pada tubuh, khususnya menghancurkan protein kolagen di dalam tubuh. Kolagen bertugas memelihara elastisitas kulit dan kekuatannya agar kulit tampak kenyal dan muda. Dengan penggunaan krim anti oksidan yang dapat menyerap ke dalam lapisan dalam kulit, anti oksidan tersebut dapat menetralkan radikal bebas dan memungkinkan kelanjutan produksi kolagen sehingga menjadi cara mengencangkan kulit wajah.

3. Mengurangi Garis Halus dan Kerutan

Keriput dan garis halus adalah bagian alami dari proses penuaan. Penurunan produksi kolagen dan elastin mulai terjadi lalu kulit wajah mulai mengendur. Radikal bebas yang terbentuk dari kelebihan ekspos cahaya matahari dapat mempercepat efek alami dari penuaan. Untuk alasan ini, antioksidan yang ditemukan dalam produk perawatan kulit dapat membantu menjaga kulit dari efek radikal bebas, memperlambat kemunculan garis halus dan keriput dan menghilangkan penyebab wajah cepat tua dan penyebab kulit cepat keriput. Anti oksidan tidak dapat memperlambat kerusakan yang tidak disebabkan oleh radikal bebas.

4. Mengurangi Bintik Hitam

Bintik hitam karena usia atau juga dikenal dengan bintik matahari pada wajah adalah bintik berwarna coklat atau hitam yang terlihat di kulit. Bintik – bintik ini muncul ketika sinar matahari mempercepat produksi melanin di kulit. Melanin ini menjadi semakin jelas hingga terbentuk bintik – bintik hitam. Kandungan anti oksidan dalam produk perawatan kulit khususnya vitamin C telah terbukti memberi manfaat dalam mengurangi pigmentasi melanin pada kulit, menjadi cara menghilangkan bintik hitam di wajah dan mencerahkannya sehingga dapat memperbaiki kondisi kulit.

5. Mengurangi Jerawat

Vitamin A adalah antioksidan yang sangat kuat dan untuk digunakan pada produk perawatan kulit maka namanya lebih dikenal sebagai retinoid atau retin A. Ketika digunakan ke kulit, vitamin A masuk jauh ke dalam pori – pori untuk menghilangkan sumbatan pada keratin, salah satu penyebab utama dari komedo dan jerawat. Vitamin A juga membantu mengurangi kelebihan minyak di pori – pori dan mengurangi jerawat jika dikombinasikan dengan pembersih kulit berkualitas, sehingga menjadi cara mengatasi wajah berminyak dan bekas jerawat.

6. Meratakan Warna Kulit

Satu macam antioksidan yang tidak akan pernah salah berfungsi sepanjang masa adalah vitamin C. Vitamin ini adalah pembasmi radikal bebas yang sangat ampuh dan juga memiliki keuntungan lain berupa zat yang dapat meratakan warna kulit, meminimalisir perubahan warna kulit akibat sinar matahari dan radikal bebas, juga mencegahnya terjadi lagi.

7. Memperbaiki Kerusakan Sel

Walaupun telah menunjukkan tanda – tanda penuaan, belum terlambat bagi Anda untuk memanfaatkan khasiat antioksidan bagi kulit dan menghilangkan penyebab kulit keriput. Tidak saja dapat mencegah kerusakan, manfaat antioksidan untuk kulit juga merangsang kemampuan kulit untuk memulihkan diri secara alami.

8. Mengurangi Peradangan

Respon alami tubuh terhadap kerusakan adalah peradangan. Sayangnya, peradangan yang kronis yang biasanya disebabkan oleh ekspos radikal bebas pada kurun waktu yang lama, akan menyebabkan penuaan dan hiperpigmentasi. Menggunakan produk yang mengandung antioksidan secara rutin dapat memberi manfaat antioksidan untuk kulit dengan mengurangi radang yang kronis pada tubuh.

Berkat Antioksidan Untuk Kulit Makin Menawan, bukan Impian semata, tapi bisa menjadi kenyataan. Konsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk memastikan jumlah konsumsi antioksidan yang tepat untuk Anda.