Dokter adalah Cermin Anda

By Administrator | 15-07-2019 | Dibaca : 469

Nyeri ulu hati adalah sebuah gejala yang merepresentasikan ada sesuatu yang tidak biasanya terjadi di area tersebut. Sehingga ketika kita merasakannya, coba saja kita menganalisa sendiri kira kira penyebabnya apa. Ketika anda datang ke dokter dan menyatakan keluhan nyeri ulu hati, maka dokter akan bertanya dan anda menjawab. Ini adalah proses menggali penyebab keluhan, oleh karena itu jadilah pasien yang cerdas, menjawab pertanyaan dokter dengan lengkap, sehingga nantinya bisa mengerti mengapa terjadi nyeri ulu hati.

Sebenarnya seorang dokter adalah cermin anda, apa maksudnya?

Ketika anda datang dengan keluhan nyeri ulu hati, sebenarnya dokter tidak tahu apa apa, sampai anda memberi data dan keterangan selengkap mungkin, kemudian dilakukan pemeriksaan fisik, untuk mengkonfirmasi keluhan dan kondisi fisik anda. Jika membutuhkan pemeriksaan tambahan, dokter akan memberi rujukan, ke laboratorium, atau perlu X Ray, atau pemeriksaan lain. Setelah selesai, dokter akan mendiagnosa sesuai hasil analisa, anda memiliki hak untuk mengerti ttg anda sendiri, dokter hanya memantulkan anda melalui cermin dari hasil pembicaraan dan pemeriksaan, sehingga anda bisa melihat sendiri kondisi yang sedang anda alami melalui keterangan dokter anda.

Dokter akan membantu memperbaiki hal hal yang bisa diperbaiki melalui pemberian advis, misalnya apa saja yang sebaiknya dilakukan di rumah, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan kemungkinan memerlukan obat, atau tidak perlu obat. Selebihnya, waktu adalah milik anda, sekali lagi ketika anda datang ke dokter, seperti kita bercermin hanya sesaat, setelahnya andalah yang menjadi dokter untuk diri sendiri dengan modal pemahaman yang telah diberikan oleh dokter anda.

Setelah pulang dan kondisi terus membaik, itu adalah yang diharapkan, dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya setelah minum obat tertentu, anda merasa ulu hati bertambah nyeri, maka yang bisa merasakan adalah anda. Keluhan semacam ini adalah sebuah gejala lain, yang mestinya dicari juga akar masalahnya.

Mengapa bertambah nyeri?

Apakah sudah sesuai petunjuk?

Jika obat harus diminum setelah makan, maka anda harus makan dulu, jika diminum sebelum makan, maka anda juga sebaiknya tahu diri, apakah pernah minum obat yang sama sebelumnya, jika belum sebaiknya dicoba dulu dan dirasakan efeknya.

Kebanyakan, obat kimia yang diberikan, adalah obat2an utk mengatasi gejala, untuk membuat tubuh merasa nyaman, salah? Tidak salah..karena kemungkinan memang itu yang sementara diperlukan. Pertanyaan berikutnya adalah, apakah penyebab juga sudah diketahui, sehingga terapi yang diberikan dan mengatasi akar masalah bisa berjalan beriringan. Banyak kasus orang merasa puas jika gejala sudah hilang, namun tidak dicari penyebabnya. Sehingga kondisi bertambah parah dengan berjalannya waktu.

MENCARI AKAR MASALAH akan menolong diri anda sendiri untuk bisa dicarikan solusinya oleh dokter. Berikutnya adalah tanggung jawab anda sendiri untuk mengambil keputusan. Tidak jarang menjadi bertambah parah karena mencari informasi di medsos, dengan segala perangkat yang ada, tapi bukannya membaik, sebaliknya bertambah parah.

Jadilah penyehat yang peka terhadap gejala yang muncul untuk menganalisa akar masalahnya

Jadilah dokter untuk diri sendiri dengan pemahaman yang benar, supaya setiap kita dapat merawat diri sendiri, keluarga dan lingkungan. (PU)

 

Artikel terkait :