Fatigue

By Administrator | 19-06-2019 | Dibaca : 402

ANDA PASTI PERNAH MERASAKAN FATIGUE, APA ITU ?

Pernahkan anda merasakan hal yang sangat tidak nyaman seperti bangun tidur tidak pernah segar, kaki pegal, badan tidak bersahabat utk diajak bergerak. Ditambah lagi tidak nafsu makan, pusing yang tidak jelas penyebabnya, sehingga aktifitas nampak sekali melambat, gerakan reflek juga jadi terganggu. Bisa juga sudah bangun pagi dengan segar, sempat sarapan namun saat menjalani hari hari di rumah atau di kantor terganggu konsentrasinya. Sering merasa bosan dan cepat jenuh, hal yang semula menggairahkan menjadi sangat menyebalkan, sehingga nampak sekali kegelisahan yg dirasakan. Setelah cek ke laboratoium, hasilnya normal, kondisi ini bisa berlangsung selama 6 bulan tanpa disadari.

Inilah yang disebut fatigue atau kelelahan kronis yang menganggu aktifitas sehari hari. Kelelahan (fatigue) adalah suatu kondisi yang memiliki tanda berkurangnya kapasitas yang dimiliki seseorang untuk bekerja dan mengurangi efisiensi prestasi, dan biasanya hal ini disertai dengan perasaan letih dan lemah. Kelelahan dapat akut dan datang tiba-tiba atau kronis dan bertahan.

Apa penyebabnya?

Keadaan ini disebabkan oleh kegiatan sehari hari yang sebenarnya sudah menjadi ritual kita, namun seringkali tanda yang muncul sering diabaikan. Sehingga tubuh melakukan maladaptasi, yaitu menyesuaikan kondisi yang sudah salah menjadi bagian dari aktifitas tubuh yang seolah olah benar, namun ujungnya merusak organ tubuh secara perlahan.

Berikut adalah penyebab yang bisa kita jadikan evaluasi jika kebiasaan kurang tepat menjadi bagian dari hidup keseharian kita :

  1. Tidak cukup minum air. Ini adalah hal yang sangat fatal akibatnya. Komposisi tubuh kita 70% terdiri dari air, dan system metabolisme akan berlangsung dengan lancar kalau air tercukupi. Jika tubuh kita kekurangan air maka oksigen yang dibawa oleh sel darah merah tidak dibawa optimal ke otak, maka akan mempengaruhi semua hal di atas, Pesan dari otak ke seluruh organ tubuh juga melambat  Seringkali orang tua mengeluh anaknya susah minum sejak kecil. Memang menjadi tugas orang tua untuk selalu mengingatkan anggota keluarga utk cukup minum, sehingga mereka punya kebiasaan baik. Mendidik dan mengajarkan hal yang baik dan benar itu memang membutuhkan waktu, sehingga kita sebagai orang tua harus menjadi role model, sehingga anak anak melihat teladan. Sudah mencoba jadi role model saja seringkali tidak ditiru, di sinilah kita perlu menjelaskan akibatnya jika kurang minum, selagi ada waktu kita terus mengedukasi mereka. Pertanyaannya apakah kita sudah cukup minum air dalam sehari? Solusinya? Rencanakan mulai sekarang jumlah cairan yang masuk tubuh, kebutuhan air saat tidak melakukan apa apa dalam satuan liter adalah 0.03 x berat badan. Kita semua tidak mungkin berdiam diri, sehingga harus menambah angka liter utk anda mencukupi kebutuhan cairan tersebut. Misalnya berat badan anda 50 kg, maka cairan yang dibutuhkan ketika tidak melakukan apa apa adalah 50 x 0,03 = 1.5 Liter, maka bisa ditambahkan 500 cc utk kebutuhan sehari menjadi 2 liter. Atau 40 cc x berat badan, 40 x 50 = 2000 cc atau 2 liter per hari.

 

  1. Tidak cukup waktu tubuh untuk istirahat. Secara normal manusia dewasa tidur 6 sd 8 jam sehari, namun karena tuntutan kerja bagi kawula muda yang masih meniti karier atau merintis usaha,  hoby  main game sampai subuh atau apapun alasannya dalam sehari tubuh tidak diberi kesempatan untuk istirahat cukup (dalam hal ini tidur dengan nyenyak). Sekarang tanpa sadar atau sadar menjadi budaya segala usia adalah keasikan di dunia medsos, kepoin Instagram, facebook, twiter teman/ komunitas yg sesuai dg kesukaan atau sesuai trending topik atau nonton drama korea sampai nangi Bombay, besoknya mata bengkak tidak segar saat bekerja. ini Urusan serius yang mestinya mulai diwaspadai, efek positif teknologi kita rasakan, efek negative tak terhindari namun harusnya dapat diantisipasi, karena bukan teknologi yang mengatur manusia, tapi sebaliknya

 

 

  1.  Tidak cukup waktu untuk bergerak (olah raga), seringkali tubuh lesu, malas, mengantuk, maunya tidur terus, tidak bersemangat ketika tubuh kurang gerak. Hal ini perlu disadari untuk bisa membuktikan dengan mempraktekkan dengan olah raga ringan yang anda mampu dan mau. Olah raga yang sederhana adalah jalan pagi selama 30 menit, jika ada yang pernah cidera kaki tentu pilih olah raga yang aman misalnya berenang. Rencanakan waktu anda untuk mulai olahraga dari sekarang

 

  1. Tidak cukup gizi atau nutrisi. Keadaan ini tidak hanya terjadi pada orang orang yang benar benar kurang gizi seperti misalnya di NTT yang hasil RISKESDAS 2018 menjadi propinsi yg terendah kualitas gizinya, yang mungkin kurang edukasi, tapi terjadi pada orang orang yang sudah teredukasi. Orang yang sadar sehat akan gelisah dengan berat badan yang obesitas, setelah melakukan diet ketat terjadi sebaliknya, bisa kekurangan gizi, karena melakukan penurunan berat badan dengan cara yang kurang pas. Bagi setiap kita yang akan menjalankan program penurunan berat badan harap bisa diperhatikan untuk efek bugar yang didapat. Jika mengikuti program namun menjadi lesu perlu dipertanyakan nutrisi yang masuk.

 

  1. Stress yang berkepanjangan, dalam hidup stress itu sangat diperlukan untuk kita tumbuh dewasa. System tubuh sudah mengatur system ini, kewaspadaan ketika stress datang merangsang kita untuk mencari solusi, hormone yang muncul akan mendorong kita untuk bisa memecahkan masalah saat itu. Namun jika stress berkepanjangan tanpa solusi yang jelas akan menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang menahun, sirkulasi darah tidak lancar, oksigen dan nutrisi tidak sampai ke organ tubuh kita terutama otak, pesan otak ke seluruh organ tubuh melambat. Managemen stress sangat diperlukan untuk memberi solusi supaya tidak merasakan kelelahan yang lama. Refresing sangat diperlukan untuk mengatasi stress, rekreasi, keluar dari kebiasaan sehari hari akan membantu tubuh menjadi relaks dan semangat kembali.

 

Ketika kita bisa evaluasi penyebab kelelahan kita yang mana….SELAMAT SEHAT dan TETAP PRODUKTIF, manfaatkan nutrisi lengkap bebas lemas dengan produk terbaik Synergy. (PU)

 

Artikel terkait :

Produk terkait :