Apa itu Autoimun?

By Administrator | 08-08-2019 | Dibaca : 202

Autoimun adalah  kondisi ketika sistem kekebalan (imunitas) tubuh seseorang mengalami kekhilafan sehingga menyerang jaringan sehat dan menimbulkan keluhan kronis (berulang dan berlangsung lama). Kondisi awal seringkali seolah olah terlewat karena tidak spesifik, seperti keluhan kesehatan yang tak kunjung sembuh meski sudah diobati, mudah sekali lelah yang ekstrim, sering lupa atau disebut brain fog, membutuhkan waktu lebih lama ketika melakukan pekerjaan sederhana. Sering merasa demam dan kedinginan disertai nyeri pada persendian, bisa juga mengalami ruam di kulit tanpa penyebab yang jelas dan rambut rontok.

Keluhan-keluhan di atas tidak menjadikan perhatian jika kita belum aware terhadap perubahan perubahan yang terjadi yg seolah olah biasa saja. Gangguan Autoimun (AI) merupakan gangguan yang sangat spesifik, karena respon setiap orang berbeda dan tidak ada yang sama. Tubuh kita merespon semua hal yang ada di sekitar kita, baik yang kita lihat, dengar, sentuh dan makan serta minum. Maka reaksi yang muncul akan berbeda beda, inflamasi atau peradangan, demam, alergi, akan muncul sebagai tanda proses adaptasi tubuh terhadap sesuatu yang masuk tubuh.

Perubahan pola makan sangat mempengaruhi respon tubuh, terutama yang berbahan sintetis, dari pewarna, penyedap rasa, pemanis buatan, pengawet, dan pangan dengan pestisida dan pangan yang mengalami proses GMO ( Genetic Modified Organism), atau rekayasa genetic. Hal ini dapat menyebabkan stress dalam tubuh yang aan mengubah sistem tubuh menjadi tidak seimbang, sehingga muncul gejala dan tanda yang melibatkan organ tubuh kita.

Jika respon yang muncul memanifestasikan peradangan di organ tubuh, maka akan nampak tanda tanda spesifik dan akan di diagnosa oleh dokter, yang menolong kita utk mengetahui sedang terjadi gangguan apa, seperti disebut contoh di bawah ini:

  1. Fibromyalgia  : Myastenia Gravis, peradangan kronis di otot
  2. Multiple sclerosis : Guillain Barre Syndrome : menyerang syaraf
  3. Graves Disease; Hashimoto Disease :  gangguan pada Thyroid
  4. GERD, Crohn”s disease :  terjadi di lambung
  5. ITP, Anemia hemolitik :  terjadi gangguan darah
  6. Rheumatoid :  artritis gangguan sendi
  7. Psoriasis, Vitiligo, Scleroderma : gangguan di Kulit
  8. Lupus erythematosus  : peradangan kronis di seluruh tubuh
  9. Dll

Sampai saat ini tercatat 157 diagnosa jenis penyakit auotimun, dan semakin hari penderitanya semakin bertambah. Perubahan gaya hidup menjadi hal yang sangat memprihatinkan, karena ketika mereka disiplin makan makanan yang sehat, mereka merasakan perubahan kualitas hidup. Mengkonsumsi makanan alami, bukan yang pabrikan, diolah sendiri, dengan takaran sesuai kebutuhan,dan  memilih makanan yang bebas gluten. Gluten adalah jenis protein yang ada dalam sumber bahan makanan terigu yang disinyalir menjadi pemicu peradangan di usus sehingga menimbulkan leaky gut, atau perembesan/kebocoran usus.

Ketika kita peka terhadap tanda inflamasi akut (panas, merah, bengkak, hangat dan terjadi gangguan fungsi) segeralah diatasi, dengan makanan seperti buah dan sayur yang mengandung anti inflamasi alami.    

 

Produk terkait :

  • Chlorophyll
  • Noni Plus
  • Spirulina
  • Calmag