Kalsium adalah mineral penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi. Selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot. Kekurangan mineral ini bisa menyebabkan pertumbuhan anak terhambat dan memicu beragam penyakit, seperti rakitisosteomalacia, serta osteoporosis.

Suplemen kalsium dapat diberikan bila asupan kalsium dari makanan dirasa kurang atau bila kebutuhan tubuh akan kalsium meningkat.

Mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari adalah sebuah keharusan, karena fungsi kalsium memang sangat penting bagi tubuh.

Kalsium yang sudah diserap dari makanan dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi penting. Dari keseluruhan kalsium yang diserap 99% nya akan disimpan di tulang dan gigi.

Sisanya yang 1% dibutuhkan dalam membantu menjalankan beberapa fungsi penting metabolisme tubuh agar bekerja secara optimal. Fungsi kalsium lainnya yaitu dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, bahkan membantu penyembuhan penyakit yang sudah terlanjur ada.

Kurangnya asupan kalsium atau rendahnya penyerapannya akan berdampak jangka panjang. Osteoporosis merupakan salah satu kondisi yang disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium, terutama terjadi pada wanita yang sudah memasuki masa menopouse.

Tulang yang padat dan terbentuk sempurna akan secara langsung berdampak pada struktur rangka dan fungsinya. Hal ini terutama terjadi pada masa-masa awal pertumbuhan, kebutuhan akan kalsium harus terpenuhi untuk menjaga agar tulang tumbuh dengan baik. Anak-anak yang kekurangan kalsium berisiko mengalami kelainan bentuk rangka dan kondisi kesehatan lain seperti rakitis, melemah atau melunaknya tulang pada anak-anak.

Meskipun kalsium yang digunakan dalam fungsi lain selain membentuk tulang dan gigi jumlahnya kecil namun kegunaannya tidak boleh disepelekan. Kalsium dalam darah misalnya, ia memegang peranan penting dalam mengatur ritme dan detak jantung.

Kalsium darah diatur oleh kelenjar tiroid dan paratiroid, disinilah keseimbangannya dijaga. Jika terjadi kekurangan kalsium dalam darah maka kalsium akan diambil dari persediaannya di tulang. Begitupun sebaliknya jika kalsium darah terlalu tinggi maka akan disimpan dalam tulang atau dikeluarkan dalam urin dan feses.

Kehadiran kalsium dalam otot berperan penting dalam kontraksi dan relaksasi otot. Bagian otot yang disebut serabut otot atau miofibril akan mengerut untuk membentuk kontraksi otot dan meregang untuk membentuk merelaksasi otot.

Sel saraf merupakan komponen utama penyusun sistem saraf tubuh. Otak akan mengontrol tubuh melalui jaringan saraf-saraf dimana impuls saraf akan merambat melaluinya untuk mengirim perintah atau respon ke otak. Pada mekanisme impuls saraf inilah kalsium berperan penting.

Ketika serabut saraf sedang beristirahat atau tidak menghantarkan impuls disebut dalam keadaan teroplarisasi. Pada kondisi ini permukaan luar serabut saraf akan bermuatan positif sementara bagian dalamnya bermuatan negatif. Ion kalsium (Ca 2+) akan berperan sebagai second messenger pada proses pelepasan neurotransmiter pada ujung sel saraf.

Cukupi kebutuhan kalsium tubuh anda untuk mendukung kinerja dalam tubuh dengan calcium mag Synergy!

 

Produk Terkait: Calcium Mag