Ketika berpuasa, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh adalah hal penting yang harus diperhatikan agar kita tetap bisa menjalani puasa dengan sehat dan bugar. Hal ini penting dilakukan mengingat saat berpuasa, tubuh kita tidak mendapat asupan makan atau minum selama kurang lebih 12 jam, hal ini tentu saja akan memberikan perubahan fungsional dalam tubuh.

Kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, dapat menyebabkan seseorang merasa letih dan lemas saat berpuasa. Jika daya tahan tubuh tidak dijaga dengan baik, bukannya manfaat yang kita dapat justru penyakit yang berdatangan. Jadi pastikan untuk memenuhi kebutuhan beberapa nutrisi yang paling dibutuhkan saat puasa ini, ya!

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan saat kita berpuasa. Mengapa? Karbohidrat merupakan salah satu sumber energy utama bagi tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jika asupan dalam tubuh kita kurang, hal ini akan mengakibatkan rasa kurang bertenaga atau lemas. Agar tidak mudah lemas saat berpuasa, ada baiknya saat sahur kita mengonsumsi makanan karbohidrat kompleks seperti oatmeal dan gandum.

 

  1. Serat

Agar mendapatkan rasa kenyang yang tahan lama, kita juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat saat sahur ataupun berbuka. Mengapa serat bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama? Hal ini dikarenakan serat dapat membantu memperlambat proses konversi karbohidrat menjadi gula.

 

Tidak hanya pada sayur dan buah-buahan, serta juga dapat kita peroleh dari makanan sumber karbohidrat seperti beras cokelat, hitam, atau merah. Tidak hanya membuat rasa kenyang yang tahan lama, serat juga dapat membantu untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, sehingga apabila serat tercukupi, kesehatan tubuh dapat tetap terjaga saat berpuasa.

 

  1. Protein

Ternyata protein tidak hanya berguna untuk mempercepat terbentuknya jaringan otot pada tubuh kita. Nutrisi makro pada protein akan berfungsi sebagai glikogen yang dipecah sehingga membantu tubuh untuk tetap berenergi terutama saat kita sedang berpuasa. Banyak sumber protein yang dapat dikonsumsi seperti ayam, telur, atau ikan yang bisa dijadikan menu andalan saat sahur. Namun pastikan jangan mengonsumsi terlalu banyak garam saat sahur, karena hal ini dapat menyebabkan kita cepat merasa haus.

 

  1. Vitamin dan Mineral

Nutrisi penting lainnya yang sangat kita butuhkan saat menjalankan ibadah puasa adalah vitamin dan mineral. Jadi jangan lupa untuk selalu menyertakan sayur dan buah-buahan saat sahur ataupun berbuka. Apalagi di dalam buah terdapat banyak kandungan air sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama puasa, jadi tidak akan cepat merasa haus ataupun lemas.

 

  1. Lemak

Jangan salah, lemak juga merupakan salah satu nutrisi yang kita butuhkan saat puasa. Meskipun kebutuhannya tidak sebanyak karbohidrat dan protein, namun konsumsi lemak juga penting untuk kita perhatikan. Tetap saja perlu diingat bahwa tidak sembarang lemak yang kita konsumsi karena lemak yang dibutuhkan oleh tubuh adalah lemak baik atau dengan nama lain High Density Lippoprotein (HDL).  HDL ini bisa kita peroleh dari makanan seperti alpukat, biji-bijian, ikan, bayam, dan minyak zaitun.

 

Meskipun tubuh membutuhkan lemak, namun ada lemak yang harus dihindari seperti lemak jahat atau yang nama lainnya Low Density Lippoprotein (LDL) yang diperoleh dari produk susu, unggas, butter, minyak kelapa, daging merah, dan produk sejenisnya karena dapat memicu penyakit seperti obesitas, hipertensi, bahkan stroke. Meskipun makanan berlemak ini dapat membuat kita merasa kenyang lebih cepat, namun makanan yang tinggi lemak juga dapat menyebabkan rasa lapar yang lebih cepat.

 

Mencukupi nutrisi harian memang tidak mudah, mengingat kita tidak tahu bagaimana mengukur apakah makanan yang kita konsumsi sudah mengandung nutrisi yang cukup. Oleh karena itu, lengkapi menu sahur dengan mengonsumsi Maximum Protein, NutriBurst dan Spirulina. Dengan mengonsumsi ketiga produk ini, kita jadi lebih bisa menakar konsumsi nutrisi yang telah masuk ke dalam tubuh.

 

Kandungan Whey Protein dan asam amino dalam Maximum Protein sangat bagus untuk metabolism tubuh saat berpuasa serta kalsium kasienat yang dapat membantu menekan nafsu makan. Tak ketinggalan NutriBurst yang tinggi akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian saat puasa. Jangan lupa melengkapi dengan Spirulina agar rasa lapar tidak cepat datang.

 

Jadi agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan tetap sehat, semangat, dan produktif. Penting untuk memperhatikan nutrisi yang kita konsumsi dalam makanan terutama saat sahur. Tetap sehat dan semangat, selamat menjalani ibadah puasa!

Produk Terkait: