Spirulina adalah makanan yang sering dijuluki sebagai suferfood, karena memiliki nutrisi tinggi yang berasal dari ganggang berukuran renik berwarna biru kehijauan. Ganggang ini tinggi akan protein, dengan kalori yang rendah, dan bermanfaat bagi mereka yang mau menurunkan berat badan.

Proteinnya, karena berasal dari nabati, maka aman bagi penganut vegetarian. Tercukupinya protein dan nutrisi penting lainnya, membuat keinginan makan berlebih dari makanan harian yang banyak mengandung lemak, gula, tepung dan "junk food" bisa ditekan, atau berkurang.

Ini ada sebuah laporan  dari penelitian tahun 2016 yang menunjukkan bahwa spirulina dapat membantu manajemen berat badan. Dalam studi tersebut, orang yang kelebihan berat badan dan rutin mengonsumsi spirulina selama 3 bulan menunjukkan perbaikan nilai indeks massa tubuh atau BMI.

Rutin konsumsi Spirulina memang menguntungkan, karena makanan ini bukan saja untuk orang dewasa tapi juga bisa untuk hampir semua golongan usia.

Untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih dari sejak kecil, akan mengalami kesulitan menurunkan berat badan bila saat dewasa baru mulai berusaha menurunkan berat badan. Di zaman sekarang, dimana mobilitas orang mulai berkurang, juga terjadi pada anak-anak, maka makanan ini bisa diperkenalkan pada mereka.

Lagian bukan saja manfaat dari manajemen berat badan saja yang didapat, tapi manfaat lain seperti untuk nutrisi otak, kekebalan tubuh, kulit, dll bisa diperoleh bila mengonsumsinya rutin sejak dini.

Ini ada lagi yang melaporkan bahwa Spirulina dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, dan ini bermanfaat sekali bagi yang menjalani program manajemen berat badan. Perubahan drastis pada gula darah, seperti karena hipoglikemia (kondisi dimana kadar gula darah rendah sekali), akan memicu kelaparan yang tidak normal, dan mengakibatkan konsumsi karbohidrat yang berlebih, dan kelebihan konsumsi ini mudah diubah menjadi cadangan lemak.

Nyata bukan, kalau Spirulina mempunyai manfaat untuk menajemen berat badan. Berdasarkan pengalaman dilapangan, kalau Anda ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan , minumlah spirulina sebelum makan (misal 30-45 menit sebelum makan), dan kalau ingin menaikkan berat badan dikonsumsi setelah makan.

Alangkah senangnya bila memiliki berat badan yang seimbang dan sehat. Saya bisa melakukannya, bagaimana dengan Anda?

 

Produk Terkait: 

1. Fit & Fresh

2. Fit & Fresh Plus